Wednesday, June 22, 2011

Framework dalam Cost/Benefit Analysis


Dalam investasi pastilah kita semua sudah menyadari bahwa manfaat (benefit) yang kita terima harus lebih besar dibandingkan semua pengeluaran (cost) yang dikeluarkan, namun tidak semua tahu atau mengerti bagaimana analisis untuk hal tersebut dilakukan. Berikut langkah-langkah dalam melakukan analisis cost-benefit:
  1. Pahami status quo dari cost/ biaya: Ketahui apakah benefit yang akan diterima lebih besar dibandingkan opportunity cost -nya (biaya atas kesempatan yang hilang karena dana kita terikat dalam investasi tersebut)  . Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah benefit dari investasi ini layak atau tidak, jangan sampai terjadi kita investasi namun benefit yang kita dari investasi tersebut lebih kecil dibandingkan jika kita menabung/ deposito uang kita di bank (suku bunga bank Indonesia seringjkali dijadikan acuan sebagai tolok ukur persentase minimal return / benefit dari investasi kita).
  2. Identifikasi berbagai biaya: Selain kita ketahui berbagai biaya yang diinformasikan secara terbuka dari pihak yang menawarkan investasi, kita juga harus mengidentifikasi berbagai kemungkinan kenaikan biaya di masa yang akan datang seiring dengan kenaikan tingkat inflasi (seringkali ini yang jadi alasan untuk menaikkan biaya) dan juga berbagai kemungkinan biaya baru yang sewaktu-waktu muncul akibat :
    1. Terkadang tidak semua jenis biaya yang terjadi di masa yang akan datang diinformasikan oleh pihak yang menawarkan investasi
    2. Terjadinya berbagai peristiwa yang tidak bisa diprediksi seperti: bencana alam, perang, krisis ekonomi, dsb
  3. Identifikasi berbagai benefit dari investasi : ketahuilah berbagai benefit yang akan /bisa muncul dari  investasi di masa yang akan datang.
  4. Ketahuilah berapa besar penghematan biaya yang terjadi jika kita memutuskan berinvestasi dalam satu jenis investasi.  What can u stop doing if you make this investment?
  5. Buatlah timeline schedule/cash flow projection dari berbagai biaya dan pendapatan yang akan terjadi: petakan berbagai biaya dan pendapatan yang akan terjadi dan berapa jumlahnya untuk masing-masing periode investasi (bulanan, tahunan)
  6. Evaluasi berbagai biaya dan benefit yang tidak dapat dihitung/dikuantifikasi: identifikasilah berbagai benefit yang tak berwujud seperti kenaikan citra credit rating kita di mata perbankan, memperkuat posisi tawar kita terhadap pihak lain seperti distributor, kompetitor atau lainnya demikian juga dengan biaya-biaya yg tidak dapat dikuantifikasi yang muncul.

No comments:

Post a Comment