Tuesday, May 24, 2011

The Verdict Definiton @ This Blog

Mungkin diantara pengunjung blog ini, awalnya begitu melihat header blog ini sempat bertanya-tanya, bukan karena diawali dengan kata "danton's" tapi istilah dibelakangnya yang cukup jarang ditelinga kita (Indonesia).

Sejujurnya, saya sendiri saat mencari ide untuk judul blog ini juga tidak tahu secara persis definisi dari kata "Verdict".....Masa??? Iya, betul. Saya hanya meraba-raba istilah ini dari salah satu buku yang saya baca, buku tersebut sudah lama cukup terkenal dan bahkan sekarang di toko-toko buku sudah diterbitkan dalam edisi gold-nya. Buku tersebut berjudul "Dunia Sophie" - Sebuah novel Jostein Gaarder, yang bercerita tentang sejarah dan perjalanan ilmu filsafat yang dikemas dalam sebuah cerita dengan tokoh utama seorang gadis cilik bernama Sophie.


Istilah "Verdict" saya dapatkan saat membaca halaman yang menunjukkan judul asli buku tersebut adalah Sofie's Verden (Norwegia) dan dalam bahasa Inggrisnya: Verdict.
Dalam hukum Verdict adalah pernyataan formal oleh juri diakhir persidangan untuk menentukan apakah pihak terdakwa dinyatakan bersalah atau tidak bersalah.

Begitu saya tahu ini, "Wuiiihhh....Danton's Verdict....??? Bisa berarti kesimpulan akhir saya atas sebuah fakta apakah itu benar atau salah????.....Waduh, saya tidak bermaksud sejauh itu ketika membuat blog ini!!!"

"Jika lebih diperhalus bisa saja Danton's Verdict berarti opini saya terhadap berbagai fakta yang sudah, sedang dan akan terjadi.....!" Pikiran saya langsung mengambil alih keterkejutan saya sebelumnya. 

Namun ketika saya telusuri lebih jauh di wikipedia (salah satu sumber andalan saya dalam mencari referensi terutama terkait dengan pencarian definisi) ternyata Robin Brinsmead (1978) menerbitkan sebuah majalah dengan judul Verdict sebagai bentuk respon dia atas keberadaan majalah kristiani yang telah beredar sebelumnya yang memiliki arti kurang lebih sama, yaitu "The Voice of Present Truth" (An Adventist Magazine). Robin sendiri mengalami perbedaan pendapat dengan aliran Kristen Advent ini, sehingga dia memilih menjadi Liberal Christianity dengan memberi nama majalahnya "Verdict".

"The Voice of Present Truth...???? Lagi-lagi pikiran saya melonjak...!!! Tidak...tidak...tidak sedalam itu tujuan saya membuat blog ini....lalu kalo begitu apa?"

Beberapa saat saya termenung, lalu saya menyadari bahwa hakekat di atas segala hakekat adalah kebenaran,,,saya setuju itu. Tapi apa kebenaran itu sendiri? Kebenaran yang mana? Absolut? Relatif? Interdimensi? Universal? Subjektif? Objektif? dsb...dsb....yang saya yakin tiada akhirnya...

Akhirnya saya putuskan dari berbagai pilihan di atas tujuan dari blog ini adalah "Exploring The Shoreless of The Earth In His Divinity" seperti yang tertulis du baris kedua header blog ini yang artinya kurang lebih mengeksplorasi ketakterbatasan dunia ini dalam keIlahian-Nya. Lebih detil maksudnya adalah di dunia ini telah, sedang dan akan, ada ketidakterbatasan data, informasi, pengetahuan dan kebijaksanaan. Dalam keterbatasan insani marilah kita eksplorasi hal di atas dengan bersandar sepenuhnya dalam keIlahian-Nya.....

No comments:

Post a Comment